Berpetualang Seru ke Desa Wisata Lolong - Pekalongan, Jawa Tengah

Hobi dengan petualangan alam? Ada baiknya bila saat liburan nanti Anda berkunjung ke Desa Lolong di Pekalongan – Jawa Tengah. Mengapa? Karena di desa ini Anda bisa memuaskan hobi Anda tersebut. Desa ini dikelola oleh pemuda Desa Lolong sendiri, dimana para pemuda tersebut menawarkan wisata pertualangan alam yang kemudian diberi nama Lolong Adventure.

Desa Wisata Lolong

Lokasi Desa Lolong

Desa Lolong secara administratif masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah. Jika perjalanan dimulai dari kota Pekalongan dengan menggunakan kendaraan bermotor, waktu yang dibutuhkan agar bisa sampai ke Desa Lolong ini adalah sekitar 1.5 jam.

Pemandangan Menuju Desa Lolong

Mayoritas penduduk Desa Lolong berprofesi sebagai petani durian sehingga perjalanan menuju Desa Lolong akan ditemani oleh hamparan kebun durian yang berbatasan langsung dengan hutan milik Perhutani, dan saat Anda mulai memasuki Desa Lolong, Anda akan melihat adanya sebuah jembatan dengan panjang kira-kira 60 m yang membelah Sungai Sekarang.
Jalanan yang harus Anda lalui juga merupakan jalanan yang berkelok-kelok serta menurun dan menanjak. Oh ya, banyak juga kera yang berkeliaran di sekitar daerah ini. Jangan kaget jika di tengah-tengah perjalanan tiba-tiba muncul kera di hadapan Anda.
Jika Anda mengunjungi Desa Lolong saat musim panen durian tiba, Anda juga akan melihat banyaknya penjual durian sepanjang perjalanan menuju ke tempat wisata. Dan jika Anda beruntung Anda mengunjungi Desa Lolong saat diadakan Festival Durian, Anda juga bisa makan durian sepuasnya dengan hanya membayar tiket masuk saja.

Aneka Petualangan yang Bisa dinikmati di Desa Lolong

Lolong adventure yang dikelola oleh pemuda Desa Lolong sendiri menawarkan berbagai macam petualangan, antara lain:

  1. Tubing dengan menyusuri Sungai Sengkarang sepanjang 3,5 km dengan menggunakan ban yang besar. Untuk bisa mengikuti tubing, persyaratan yang harus dipenuhi adalah usia minimal 10 tahun, jumlah peserta 10 orang serta sehat baik jasmani maupun rohani dan membawa pakaian ganti
  2. Arung jeram (rafting) dengan menyusuri Sungai Sengkarang sejauh 9 km. Persyaratan yang harus dipenuhi adalah usia peserta minimal 5 tahun, jumlah peserta minimal 5 orang serta sehat baik jasmani maupun rohani dan membawa pakaian ganti
  3. Berkemah, dengan syaratnya usia peserta minimal 10 tahun, jumlah peserta 10 orang, sehat baik jasmani maupun rohani dan membawa pakaian ganti
  4. Jungle Tracking menuju ke air terjun yang dinamakan dengan Curug Lowo, persyaratannya adalah usia peserta minimal 10 tahun, jumlah peserta minimal 10 orang, sehat secara jasmani dan rohani serta membawa pakaian ganti
  5. Outbond dengan persyaratannya adalah usia peseta minimal 4 tahun, jumlah peserta minimal 10 orang, sehat secaa jasmani dan rohani
Semua petualangan tersebut bisa Anda nikmati dengan biaya yang hanya sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000 per orang dengan masih ditambah berbagai fasilitas yang lainnya seperti guide, snack, makan, air mineral, safety quipment, dokumentasi, transportasi lokal dan lain-lain yang tergantung pada petualangan yang Anda pilih.
Namun, jangan heran jika Anda mengunjungi desa ini dan menemukan harga yang berbeda karena harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Bagi Anda yang ingin menginap di Desa Lolong ini, banyak warga yang membuka usaha home stay dengan harga yang murah sehingga Anda tidak perlu bingung-bingung mencari hotel.

Nah, itulah ulasan mengenai Desa Lolom yang ada di Pekalongan – Jawa Tengah. Semoga bisa menjadi referensi buat yang bermanfaat buat anda.

0 Response to "Berpetualang Seru ke Desa Wisata Lolong - Pekalongan, Jawa Tengah"

Post a Comment