Kebun Raya Bogor Jawa Barat , Wisata Edukatif Yang Kaya Akan Spot Menarik

Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor merupakan salah satu kebun botani yang cukup besar dan paling populer di Indonesia. Dan hal tersebut tidaklah mengherankan, mengingat luas kebun raya Bogor yang mencapai 87 hekto are dan sekitar 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan ada di dalamnya.

Kebun Raya Bogor Jawa Barat

Daya Tarik Kebun Raya Bogor

Kebun raya Bogor ini memiliki daya tarik utama, yaitu karena terdapat tanaman salah satu spesies bunga bangkai (Amorphophalus titanum). Bunga yang berukuran besar ini akan mengeluarkan bau bangkai pada saat mendekati masa-masa mekarnya. Bunga yang didatangkan dari Muara Aimat, Jambi ini dapat mencapai tinggi 2 meter dan termasuk dalam bunga majemuk yang paling besar di dunia flora.
Saking luasnya kebun raya Bogor, pengelola menyediakan banyak bangku sebagai tempat para pengunjung beristirahat ketika lelah mengelilingi kebun ini. Terdapat beberapa spot menarik untuk dikunjungi di kebun raya Bogor seperti Danau Gunting, Museum Zoologi, Pemakaman Belanda Kuno, Monumen Lady Raffles, Taman Meksiko, Taman Astrid, Kafe Dedaunan, Taman dan Tugu Teijsman, Laboratorium Treub, Taman Sujana Kasan, Griya Anggrek, dan masih banyak lagi.


Kebun Raya Bogor

Fasilitas Kebun Raya Bogor

Sarana dan prasarana yang dibangun di kebun Raya Bogor semuanya ditujukan untuk kenyamanan pengunjungnya. Untuk fasilitas akomodasi terdapat penginapan yang dulunya merupakan rumah direktur kebun raya Bogor pada masa kolonial. Dengan tarif 40.000 per malam, anda sudah mendapatkan bonus sarapan pagi ditemani dengan asrinya pemandangan di sekitarnya. Jika anda lebih berminat bermalam di hotel, terdapat juga hotel yang tidak jauh letaknya dari kebun raya Bogor.
Tak ketinggalan fasilitas tempat makan  berupa cafe. Dedaunan cafe atau yang sekarang namanya Grand Garden Cafe. Tempat ini merupakan satu-satunya tempat yang menjajakan makanan dan minuman di dalam kebun raya Bogor. Toilet umum juga telah disediakan, toko souvenir atau cinderamata yang menjual berbagai jenis tanaman hias sebagai pelengkap koleksi tanaman di rumah anda.

Rute menuju Kebun Raya Bogor

Kebun raya Bogor beralamatkan di Jl. Ir. Juanda nomor 13, Bogor, Jawa Barat. Rute yang mudah dan akses jalan yang sangat baik membuat kebun raya Bogor ini selalu dipadati pengunjung yang kebanyakan adalah keluarga dengan membawa putra putrinya. Kebun raya Bogor juga terletak tidak jauh dari pusat kota Bogor.  Jika anda bergerak dari stasiun kota Bogor, anda disuguhkan dua opsi. Opsi pertama menggunakan angkutan umum nomor 03 jurusan Bubulak – Baranangsiang dan langsung turun di kebun raya Bogor.  Opsi kedua adalah dengan naik angkutan umum nomor 02 menuju pintu 2 kebun raya Bogor yang umumnya dibuka pada hari-hari libur.
Jika anda berangkat dari Baranangsiang, anda bisa naik angkutan umum warna hijau nomor 03 jurusan Baranangsiang – Bubulak dan langsung turun di depan kebun raya Bogor.

Tarif Tiket Masuk dan Jam Operasional Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor mulai dibuka tiap harinya pada pukul 7.30 pagi dan tutup hingga sekitar pukul 17.30 sore. Harga tiket masuk di bedakan menjadi 2 jenis atau  golongan. Yaitu tiket untuk wisatawan domestik, dan wisatawan mancanegara. Untuk wisatawan domestik, akan dikenai biaya sebesar Rp.14.000 per orang, dan untuk wisatawan mancanegara akan dikenai biaya Rp.25.000 per orang. Harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan dan ketetapan pengelola kebun raya Bogor.

0 Response to "Kebun Raya Bogor Jawa Barat , Wisata Edukatif Yang Kaya Akan Spot Menarik"

Post a Comment